Lezatnya Yule Log Cake, Menu Natal Khas Perancis

Sabtu, 17 Desember 2016 - 08:11 WIB
Lezatnya Yule Log Cake,...
Lezatnya Yule Log Cake, Menu Natal Khas Perancis
A A A
BANDUNG - Hidangan Yule Log Cake khas Perancis menjadi salah satu kudapan special yang bisa dinikmati di momen akhir tahun. Cake berbentuk batang pohon dengan rasa coklat yang lekat ini tidak hanya dapat dijumpai di Perancis, kelezatannya juga sudah bisa dinikmati di Indonesia.

Yule Log atau Buche De Noel diibaratkan bongkahan kayu besar untuk perapian di rumah, di mana saat musim dingin selalu dipakai dan sisanya disimpan sepanjang tahun. Masyarakat Perancis percaya, menyimpan sisa batang kayu tersebut, maka sepanjang tahun keluarga mereka akan terlindungi.

Cara pembuatannya cukup mudah, dengan bahan-bahan seperti kuning telur, susu segar, susu segar, minyak sayur, tepung terigu (segitiga), margarin, putih telur, baking powder, gula putih, pasta coklat.

"Pembuatannya dengan campur semua bahan. Aduk perlahan hingga rata, kemudian naikan kecepatan sedikit demi sedikit sampai semua bahan tercampur dan tidak bergumpal," jelas Executive Chef Best Western Premier La Grande Hotel Saryono.

Setelah itu, campur bahan seperti gula dan putih telur. Aduk hingga mengembang dan kaku. Kemudian campur semua adonan yang telah dibuat, aduh hingga rata sampai warnanya pucat, panggang, lalu beri pasta coklat pada setiap lapisannya dan tumpuk. Oles semua badan cake dengan coklat beris sedikit guratan-guratan seperti kulit pohon.

"Menurut tradisi yang beredar di Perancis, jika hendak membuat cake ini, buatlah 3-1 sebelum Natal tiba, hal tersebut dipercaya agar jelang atau sesudah Natal, keluarga terus diberkati dan diberi keselamatan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0537 seconds (0.1#10.140)